Fadhlin Amalia Arif


Berpacu menjadi yang terbaik

Humanoid Robot

Tahukah anda tentang humanoid robot?, sebuah robot yang menyerupai manusia dengan memiliki kemampuan tertentu bergantung dari tujuan robot tersebut diciptakan. Di negara-negara maju, seperti Jepang, perkembangan robot sangatlah pesat. Termasuk salah satunya adalah robot ASIMO. Pasti anda mengenalnya, bukan? Atau paling tidak anda pernah mendengarnya. Bagaimanakah ASIMO bisa secanggih itu? Lalu bagaimanakah robot ini dapat dimanfaatkan di Indonesia?

 

ASIMO

ASIMO merupakan kepanjangan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Robot ini dikembangkan oleh Honda sejak Oktober 2000. ASIMO memiliki banyak kemampuan, diantaranya adalah berlari, menaiki tangga, dll. Selain dapat melakukan aktivitas motorik, ASIMO dapat melakukan kegiatan layaknya manusia, yaitu mendorong barang, menuang air dalam gelas, serta menjadi guide.

Kemampuan ASIMO ini disebabkan oleh adanya kecerdasan buatan pada pemrogramannya. Salah satunya adalah Fuzzy Logic. Fuzzy logic dapat membuat robot mengenali sesuatu yang manusia anggap sebagai sesuatu yang relatif, misalnya besar-kecil, jauh-dekat, banyak-sedikit dll. Kecerdasan buatan ini membuat ASIMO terus belajar dan belajar untuk mengenali lingkungan sehingga dapat mencapai keputusan yang tepat dalam bertindak, untuk menuangkan minuman misalnya.

Berikut adalah salah satu contoh video kecerdasan ASIMO.

 

IMPLEMENTASI DI INDONESIA

Berdasarkan video tersebut, dalam berbagai bidang, ASIMO dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal. Misalnya dimanfaatkan sebagai pengantar pesanan makanan di restoran-restoran. Jika dimanfaatkan di rumah sakit, ASIMO dapat dimanfaatkan sebagai partner kerja perawat atau suster dalam membantu pasien opname, yaitu dengan mengantar makanan atau minuman atau fasilitas lainnya yang dibutuhkan oelh pasien opname. ASIMO juga dapat dijadikan sebagai hiburan untuk pasien opname.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :