Fadhlin Amalia Arif


Berpacu menjadi yang terbaik

Pertemuan 1 - Teknologi Non Linier AED

Pada kesempatan ini, saya akan mengulas mengenai teknologi medis yang telah ada saat ini di dunia. Banyak sekali teknologi medis yang berkembang yang dapat menunjang kinerja dokter. Bahkan saat ini, juga telah dikembangkan perangkat medis yang praktis sehingga dapat dimanfaatkan pula oleh pasien atau orang awam di rumah, tidak hanya di rumah sakit, sebagai pertolongan pertama sebelum tenaga atau ahli medis datang untuk melakukan penanganan. Salah satu perangkat medis tersebut adalah Automated External Defibrillator (AED).

AED merupakan defibrilator yang praktis yang mampu bekerja secara otomatis sehingga mempermudah penggunanya (terutama orang awam) dalam mengoperasikannya untuk membantu pasien yang mengalami serangan jantung mendadak.

Berikut adalah video mengenai teknologi AED dan penggunaannya.

Berdasarkan video tersebut, menurut saya, teknologi perangkat AED ini menggunakan teknologi non linier, dimana pemrograman alat tersebut memanfaatkan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan /AI) tertentu sehingga mampu bekerja secara otomatis. Hal ini ditunjukkan pada kemampuannya dalam menganalisa kondisi pasien dan memberikan instruksi-instruksi yang harus dilakukan oleh user termasuk dalam safety.

Akan tetapi meskipun alat ini bekerja secara otomatis, alat ini bekerja dalam pengawasan user, sehingga tidak sepenuhnya bekerja sendiri. Ini ditandai dengan adanya beberapa tombol, diantaranya shock button dan information button, yang masing-masing berfungsi sebagai pemberi shock untuk pasien dan memberikan informasi pada user mengenai perlakuan CPR (Cardiopulmonary resuscitation). CPR adalah tindakan pertolongan pertama untuk membuka kembali jalan nafas yang menyempit atau tertutup sama sekali pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu.

Demikian uraian yang dapat saya tuliskan di blog ini. Semoga bermanfaat.

 

Referensi :

youtube.com
pusatmedis.com
wikipedia.com

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :