Fadhlin Amalia Arif


Berpacu menjadi yang terbaik

Sebuah Ide Aplikasi Android

Setelah sebelumnya saya telah memposting artikel mengenai android. Disini saya ingin menceritakan sebuah ide ‘gila’ saya untuk aplikasi android di masa mendatang. OS android menjadi pilihan untuk ide saya ini karena android dianggap menjadi OS masa depan, yang kedatangannya sendiri masih dibilang baru tetapi telah ramai diperbincangkan.

Ide ini saya sebut sebagai “DiaryShot”. Bagaimanakah bentuk dan fungsi aplikasi ini? Aplikasi ini nantinya dapat memberikan kualitas foto pada hanphone android menjadi sekelas SLR. Aplikasi ini dapat mengatur fokus, diafragma, zoom dan shutterspeed pada kamera tanpa pengaturan lensa kamera sehingga hasil gambar memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kamera SLR. Pengoperasian aplikasi dibuat mudah sehingga orang-orang yang awam dengan dunia fotografi dapat memanfaatkan aplikasi ini pula.

Selain itu, melalui aplikasi ini, user dapat menuliskan cerita atau kisah dari foto yang terdapat pada hanphone androidnya, sehingga user dapat mengingat semua kenangan-kenangannya, baik bersama keluarga, teman, atau orang-orang terdekatnya. Hal ini menjadikan user memiliki diary pribadi dengan mode offline. Akan tetapi foto-foto dengan masing-masing kisahnya ini juga dapat disinkronkan atau dikoneksikan dengan akun social network milik user sehingga dapat di-share ke siapapun.

Sayangnya, ide ini masih sebuah gagasan yang belum dilakukan pembelajaran lebih dalam untuk realisasinya. Semoga ide ini dapat diwujudkan dan dapat menginspirasi anda untuk berkreasi lebih ‘gila’.

Terimkasih.

 

Sumber gambar :

theverge.com


1. Rahmiak

pada : 20 June 2012

"suka yang tentang ide kamera sekelas SLR!
tetapi untuk semacam diary begitu, mungkin sudah ada yang namanya instagram. begitu pula dengan tumblr. tetapi bila bisa di-offline mode yang merupakan gagasan menarik.
nice posting! :)"


2. Fadhlin Amalia Arif

pada : 21 June 2012

"Terimakasih untuk komentarnya ya, Rahmi,
Sering-sering berkunjung ya.. :)"


3. Zilvanhisna E.F

pada : 30 June 2012

"assalamualaikum saudari Fadhlin, wah bagus sekali idenya...

Saya mau tanya kira-kira jika aplikasi ini terealisasi, berapa kemampuan minimal kamera handphone yang bisa digunakan pada aplikasi ini???
Yang kedua apakah kiat-kiat untuk mencegah hacker agar tidak menyabotase aplikasi ini???"


4. Fadhlin Amalia Arif

pada : 30 June 2012

"Mohon maaf Zilvan, untuk kedua pertanyaan anda, saya belum bisa menjawab secara pasti, karena belum saya pikirkan lebih lanjut secara detail.
Untuk kemampuan kamera, saya belum memikirkan ukuran pixel yang cocok sehingga dapat digunakan manipulasi hasil gambar seperti SLR.
Sedangkan untuk antisipasi hacker, menurut saya untuk sementara tidak perlu lebih dulu karena aplikasi ini digunakan sebagai aplikasi tak berbayar. Akan tetapi sebagai hak cipta, mungkin akan dicantumkan nama-nama pembuat aplikasi tersebut dan termasuk juga perusahaan pengelola."


5. Farhan

pada : 18 July 2012

"Kalo mau menandingi kamera SLR maka kualitas lensa handphonenya juga harus bagus. Berarti aplikasi ini belum tentu bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus jika handphone yang digunakan misal hanya berkamera 2megapixel.
Sebetulnya handphone berkamera bagus seperti Sony sudah memiliki aplikasi yang sudah optimal untuk kamera mereka."


6. Admin

pada : 22 September 2012

"Untuk Farhan, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya pada blog ini.
Mungkin nantinya dapat menjadi ide buat kami dalam mengaplikasikannya jika memang dilakukan.
Memang dalam membuat teknologi tak semudah menuliskan artikel di blog ini. Dan hanya sebagai informasi, bahwa saya menuliskannya sebagai tugas perkuliahan, sehingga belum ada tindakan lebih lanjut mengenai ide ini. Terima kasih."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :