Fadhlin Amalia Arif


Berpacu menjadi yang terbaik

Kuliah 3 - TCP/IP dan DNS

Komunikasi data merupakan teknologi yang menggabungkan aspek jaringan telekomunikasi dengan sistem komputer sehingga menambah nilai sistem komputer. Berbagai macam komputer dapat saling berkomunikasi dan memanfaatkan kemampuannya. Secara umum dapat dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau elektrooptik dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Dalam komunikasi data ini, terdapat istilah-istilah yang sering digunakan, diantaranya adalah TCP/IP dan DNS

 

TCP/IP

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data jaringan terbuka, yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk software di sistem operasi.

Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet.

Sebuah alamat IP berisi satu bagian network dan satu bagian host, tetapi formatnya tidak sama pada setiap alamat IP. Sejumlah bit alamat dipakai disini untuk mengidentifikasi network, dan angka dipakai untuk mengidentifikasi host, dan beragam kelas alamat IP. Ada tiga kelas utama alamat IP yaitu kelas A (jika bit pertama dari sebuah alamat IP adalah angka 0), B (jika bit pertama dari dua angka alamat IP adalah 10) dan C (jika bit pertama dari tiga bit alamat IP adalah 110).

 

DNS

DNS (Domain Name System) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail.

Sistem database yang digunakan DNS adalah sistem hirarki karena digunakan untuk sistem terdistribusi, konsisten untuk setiap host, dan updateable. Sistem ini digambarkan sebagai sebuah tree yang memiliki beberapa cabang. Cabang-cabang ini mewakili domain, dan dapat berupa host, subdomain, ataupun top level domain.

dns root

Domain teratas adalah root. Domain ini diwakili oleh titik. Selanjutnya, domain yang terletak tepat di bawah root disebut top level domain. Beberapa contoh top level domain ini antara lain com, edu, gov, dan lain-lain. Turunan dari top level domain disebut subdomain. Domain yang terletak setelah top level domain adalah second level domain, dan domain yang berada di bawah second level domain disebut third level domain, begitu seterusnya.

dns process

Bagian resolver adalah bagian dari program aplikasi yang berfungsi menjawab setiap pertanyaan tentang domain. Untuk menjawab pertanyaan, resolver dapat mencari jawabannya dengan memeriksa isi cache dan meneruskan pertanyaan ke server DNS atau bertanya langsung ke server DNS. Cache adalah bagian yang menyimpan pertanyaan-pertanyaan tentang domain yang pernah diajukan sebelumnya.

Jika server DNS tidak memiliki jawaban dari pertanyaan domain (name server bukan authoritative name server dari domain yang ditanyakan), maka server DNS akan meneruskan pertanyaan tersebut ke name server yang dianggapnya lebih tahu. Proses pengalihan ke name server (NS) lain (proses name resolution) ini merupakan proses iteratif yang berlangsung hingga diperoleh alamat lengkap sebuah host.

 

 

Referensi :

http://0ch4.wordpress.com/pengertian-tcpip/

http://www.cyberkomputer.com/jaringan-komputer/pengertian-tcp-ip-dalam-jaringan-komputer

Sukono, Pandu Arizona. DNS Prinsip Kerja Beserta Contohnya. Jurusan Teknik Elektro FT UGM : Yogyakarta.


1. Merrinda Putri A.S

pada : 29 June 2012

"apakah waktu kita tersamabung k internet, kita dapat mengganti DNS?

Terima Kasih"


2. Fadhlin Amalia Arif

pada : 29 June 2012

"Saya menjawab pertanyaan dari Merrinda,
menurut saya ketika tersambung internet, DNS tidak dapat diganti karena DNS dalam kondisi sedang digunakan. Analoginya adalah pada orang yang sedang melakukan pekerjaan dengan serius tentu tidak dapat diganggu."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :