Fadhlin Amalia Arif


Berpacu menjadi yang terbaik

Kuliah 2 - Akses PC

Pengaksesan PC sangatlah mudah, karena user hanya perlu menjalankan program/software yang ingin dibuka, sehingga tidak perlu melakukan eksekusi pada program/sistem yang dapat menjalankan keseluruhan komputer (BIOS, Server, Register, Safe Mode, Task Manager). Bagian-bagian tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :

 

1. BIOS

PhoenixBIOS Setup Utility

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Oleh karena itu, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras.

Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar, yakni sebagai berikut:

  • Program BIOS Setup, memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe harddisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
  • Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
  • Program bootstraper utama, memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.

BIOS juga sering disebut sebagai ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip Read Only Memory (ROM) dalam motherboard agar BIOS dapat dieksekusi saat komputer dinyalakan, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyipanan terlebih dahulu. BIOS dalam komputer PC modern disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik atau Flash ROM. Oleh sebab itu, sekarang sebutan Flash BIOS lebih populer dibandingkan dengan ROM BIOS.

 

2. Server

Server adalah sebuah mesin dengan standar tertentu yang berfungsi sebagai service dan memberikan respon ketika ada request. Selain itu, server berfungsi untuk pengamanan data agar data dapat tersimpan dengan rapi tidak mudah terkena virus. Jika dibandingkan dengan windows, sistem keamanan server lebih handal dan format disknya juga memiliki keamanan yang berbeda. Dibuat dengan prosesor xeon assembly dan tidak didisain minimalis seperti tablet.

 

3. Register

Registry

Registry Windows adalah pusat database untuk pengaturan konfigurasi aplikasi dan informasi lainnya yang diperlukan oleh aplikasi. Dan semua pengaturan tersebut diatur dalam bentuk key. Di dalam registry kita bisa melakukan tiga hal yaitu: membaca, menulis dan menghapus.

Untuk Membuka Registry dapat dilakukan dengan cara Buka Run à Ketikkan “Regedit” kemudian ok / enter

Class registry adalah kumpulan dari key-key yang terdapat di bawahnya dimana key-key tersebut ditempatkan pada class yang sesuai dengan fungsi key tersebut. Di dalam registry terdapat lima buah member class.

Ada 6 macam cabang utama, tiap cabang berisi porsi spesifik dari informasi yang disimpan dalam registry, mereka adalah :

a. HKEY_CLASSES_ROOT

Cabang ini berisi pemetaan dari semua file-file assosiasi anda, yang digunakan untuk mensupport feature drag-and-drop, informasi OLE, shortcut window, dan aspek inti dari user interface windows.

b. HKEY_CURRENT_USER

Cabang ini nge-link dengan seksi HKEY_USERS yang sedang login pada PC dan berisi informasi seperti nama login, setting desktop, dan setting start menu.

c. HKEY_LOCAL_MACHINE

Cabang ini berisi informasi spesifik dari komputer, misalnya tentang tipe hardware, software, dan preferences lain, informasi ini digunakan untuk semua user yang login pada komputer tersebut.

d. HKEY_CURRENT_CONFIG

Cabang ini nge-link dengan seksi dari HKEY_LOCAL_MACHINE untuk konfigurasi h/w yang bersesuaian.

e. HKEY_DYN_DATA

Cabang ini menunjuk pada bagian dari HKEY_LOCAL_MACHINE. Untuk user yang memanfaatkan feature plug-&-play, seksi ini bersifat dinamis dan akan berganti seiring dengan ditambahkannya atau dicopotnya suatu device pada system.

f. HKEY_USERS

Cabang ini berisi individual preferences untuk tiap user pada komputer tersebut, tiap user direpresentasikan dengan sub-key SID yang terletak dibawah cabang utama.

 

4. Safe Mode

 

Safe mode digunakan untuk keminimalisan operating system, perangkat keras, dan aktifnya aplikasi (perangkat lunak). Selain itu, Safe mode dapat digunakan untuk menghilangkan virus dalam safe mode, mengakses system restore, memperbaiki komputer rusak, kerusakan software, kerusakan hardware.

Untuk masuk dalam safe mode hanya perlu menekan tombol F8 setelah loading RAM selesai. Dalam Windows XP, terdapat beberapa pilihan untuk modul safe mode. Yaitu,

Safe Mode, Safe Mode biasa tanpa terhubung dengan jaringan apapun,

Safe Mode with Networking, untuk terhubung kejaringan tempat komputer terhubung atau ingin menggunakan koneksi internet ketika berada dalam safe mode

Safe Mode with Command Prompt, safe mode dalam bentuk command prompt seperti DOS atau Linux,

 

5. Task Manager

task manager

Windows Task Manager (TaskMgr) adalah sebuah aplikasi Task Manager disertakan dengan keluarga Microsoft Windows NT dari sistem operasi yang menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer dan menjalankan aplikasi, proses dan penggunaan CPU, melakukan informasi muatan dan memori, aktivitas jaringan dan statistik, log-in pengguna, dan sistem pelayanan. Task Manager juga dapat digunakan untuk menetapkan prioritas proses, afinitas prosesor, secara paksa menghentikan proses, dan mematikan, Restart, hibernate atau log off dari Windows.

 

 

Referensi

http://id.wikipedia.org

http://wss-id.org/blogs/ilham/archive/2007/05/31/manfaat-safe-mode-apa-ya.aspx

http://intan.savitri.web.id/index.php/2007/03/14/belajar-registry/


1. Dio Nurdin S

pada : 29 May 2012

"mau tanya mbak amel, untuk mendeteksi pergerakan virus di task manager biasanya ditandai adanya apa?? soalnya aku bingung?"


2. Fadhlin Amalia Arif

pada : 29 May 2012

"Itu biasanya kalau sudah hafal bisa tahu itu virus atau bukan. Jadi untuk suatu software akan muncul dengan nama tertentu pada task manager ketika dalam proses / aktif. Dan untuk menghentikannya tinggal di "End Prosess" aja."


3. fadhilah dwiestri handayani

pada : 29 May 2012

"assalamualaikum,amel aku mau tnyak apa yang dimaksud dengan bahasa rakitan pada paragraf bios dan prosesor xeon itu seperti apa?
terima kasih.....:)"


4. Fadhlin Amalia Arif

pada : 31 May 2012

"saya menanggapi pertanyaan dari fadhilah,

1. bahasa rakitan (Assembly) adalah bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosesor, pengendali mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. Bahasa rakitan mengimplementasikan representasi atas kode mesin dalam bentuk simbol-simbol yang secara relatif lebih dapat dipahami oleh manusia.


2. prosessor xeon itu adalah prosesor buatan Intel yang ditujukan untuk pasar workstation dan server kelas menengah ke atas. Xeon ada 2 jenis , yaitu xeon DP dan xeon MP.

- Xeon DP : intel Xeon DP adalah prosesor Intel Xeon yang dapat dikonfigurasikan agar dapat berjalan pada modus dua prosesor (maksimum).

- Xeon MP : ntel Xeon MP adalah prosesor Intel Xeon yang dapat dikonfigurasikan agar dapat berjalan pada modus banyak prosesor (empat prosesor atau lebih). Umumnya, menggunakan jenis konfigurasi memori Non-Uniform Memory Access (NUMA).
"


5. arieanti ulfa

pada : 18 June 2012

"hai mbak amel :)
mw tanya nih, di artikel diatas yg mbak bilang "Jika dibandingkan dengan windows, sistem keamanan server lebih handal"..
bukannya server itu juga punya windows ya? mohon penjelasannya..
makasih sehekali sblumnya mbak :)"


6. Fadhlin Amalia Arif

pada : 21 June 2012

"saya akan menjawab pertanyaan dari arieanti ulfa,
jadi di atas kan sudah dijelaskan mengenai server, di sini maksudnya perbandingannya adalah dengan PC biasa. sehingga windows yang dimaksud adalah untuk PC biasa (windows xp, windows vista, windows 7, dll).
Windows sendiri memiliki produk OS untuk Server. Yaitu Windows Server.
Selain Windows, OS lain yang menyediakan OS untuk Server adalah Apple. Yaitu X Server."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :